PETA INDONESIA
Minggu, 05 Februari 2017
Norma Norma
1. Gambar 2.1 = Siswa menyebrang jalan menggunakan zebra cross
Menyebrang jalan di zebra cross/tempat penyebrangan memang sudah
ada peraturannya. Menyebrang di zebra cross juga membuat kita aman kalau
kita ingin menyebrang. Kalau tidak ada zebra cross kita harus berhati -
hati ketika menyebrang, tengok kanan & kiri lalu kalau sudah mobil
atau kendaraan lainnya berhenti baru kita menyebrang. Kita harus berhati
- hati dalam menyebrang, kalau tidak berhati - hati kita akan mengalami
kecelakaan. Saat menyebrang kita tidak boleh melanggarnya, apalagi
kalau ada kendaraan banyak sedang lewat kita malah menyebrang, itu tidak
boleh di contoh. Sayangilah diri kalian, jangan sampai mengalami
kecelakaan.
2. Gambar 2.2 = Pengendara motor melanggar jalur busway
Pengendara motor atau mobil ataupun yang lainnya tidak boleh masuk
jalur busway. Jalur busway hanya boleh untuk busway. Kalau pengendara
selain busway melanggarnya akan dikenakan denda atau ditilang. Jakarta
selalu macet, apalagi jika hari kerja yaitu Senin - Jumat, pasti kalian
para pengendara motor/mobil tidak sabar jika macet, tapi tidak harus
menggunakan jalur busway. Tetaplah bersabar dalam hal apapun. Kalau
pengguna motor/mobil tetap menggunakan jalur busway, itu akan
membahayakan diri sendiri & orang lain.
3. Gambar 2.3 = Masyarakat adat sedang melakukan kegiatan
musyawarah untuk menentukan suatu peraturan
Musyawarah merupakan hal yang baik untuk menemukan suatu keputusan.
Musyawarah juga bagus untuk berpendapat. Musyawarah harus yang baik -
baik, contoh nya menentukan suatu peraturan. Dalam bermusyawarah setiap
orang berhak/bebas berpendapat dan jika di dalam musyawarah terjadi
perbedaan pendapat diantara satu sama lain tidak boleh untuk saling
menyalahkan, sebaiknya jika terjadi perbedaan pendapat harus dibicarakan
baik - baik agar tidak terjadi pertengkaran. Kita juga harus saling
menghargai pendapat orang lain.
4. Gambar 2.4 = Contoh perilaku sopan peserta didik kepada guru
Perilaku sopan adalah ketika kita bisa menghormati orang yang lebih tua dari kita. Salah satu contohnya ketika di sekolah. Saat bertemu guru kita harus sopan dengan cara minimal tersenyum atau salim. Perilaku sopan harus kita didik sejak dini. Tidak hanya kepada guru, kita harus sopan kepada semua orang yang ada di sekitrar lingkungan kita. Sopan tidak hanya hal tersebut, tapi kita juga harus sopan dalam hal berpakaian, makan, dll.
5. Gambar 2.5 = Umat beragama sedang melaksanakan ibadah menurut agamanya
Ketika kita lahir di dunia ini, pasti kita sudah mempunyai agama
dengan sendirinya. Entah agama islam, kristen, hindu, dll. Kalau kita
dilahirkan sebagai orang islam dan kita mempunyai teman non-islam, kita
harus menghormatinya dalam arti tidak mengejek agama nya. Di dalam
agama kita masing - masing pasti ada perintah - perintah yang harus di
lakukan dan ada juga larangannya. Contoh perintah yang harus dilakukan
salah satunya ibadah sesuai ajaran agamanya masing - masing. Kalau kita
melanggar perintah-Nya akan mendapat hukuman di neraka.
6. Gambar 2.6 = Kerukunan antar umat beragama
Dalam hidup, kita harus saling rukun. Salah satunya rukun antar agama. Di negara Indonesia juga sudah di tegaskan di dalam Pancasila di sila ke-3 yang berbunyi "Persatuan Indonesia". Dalam menciptakan kerukunan antar beragama kita tidak boleh saling mencela dan harus saling menghormati, karena kita harus mengikuti semboyang Bhinneka Tunggal Ika yang berbunyi "Berbeda - beda tetapi tetap satu jua" yang artinya walau berbeda agama harus tetap bersatu.
7. Gambar 2.7 = Gedung Pemerintahan
"Negara Indonesia adalah Negara Hukum" itu adalah bunyi pasal 1
ayat (3) UUD 1945. Hukum - hukum yang dimaksud adalah norma hukum. Jika
kita melanggarnya suatu peraturan akan mendapat hukum/sanksi. Contohnya
gedung Mabes Polri, Kejaksaan Agung, Mahkamah Agung, itu semua adalah
gedung - gedung pemerintah. Sebagai negara hukum, kita semua & para
pemerintah wajib untuk menegakkan hukum dalam kehidupan sehari - hari.
Kalau kita tidak menegakkan hukum dimulai dari sekarang kita akan terus
melanggarnya.
8. Gambar 2.8 = Interaksi sosial masyarakat di pasar terapung
Kita adalah makhluk sosial yang berarti sangat membutuhkan bantuan
orang lain. Intreraksi sosial adalah cara kita untuk bersosialisasi
satu sama lain. Contoh interaksi sosialnya adalah menjual bahan makanan
di pasar. Di pasar salah satu interaksi sosial yang baik karena pasti di
pasar banyak penjual dan yang pasti ada pembelinya juga. Contohnya
ketika pembeli sedang menawar kepada si penjual itu termasuk interaksi
sosial individu dengan individu.
9. Gambar 2.9 = Pengadilan Negeri, tempat mencari keadilan hukum
Hidup itu harus adil yang artinya bisa menempatkan sesuatu dengan
tepat. Contohnya ketika kalian melanggar suatu peraturan, kalian juga
harus menerima hukuman/sanksi yang sesuai dengan perbuatan yang kalian
lakukan. Ada juga kata - kata adil di dalam Pancasila di sila ke-2 dan
sila ke-5. Ciptakan rasa adil sejak dini, kita harus menerapkan rasa
adil di lingkungan sekitar. Keadilan menandaskan bahwa setiap manusia
tidak boleh di perlakukan sewenang - wenangnya tapi harus sehak -
haknya.
10. Gambar 2.10 = Masyarakat adat badui tetap memegang teguh tradisi yang merupakan kearifan lokal
Di Indonesia itu banyak sekali adat - adat tradisi Indonesia. Adat -
adat Indonesia harus dilestarikan agar tidak punah dan harus tetap
memegang teguh tradisi yang sudah ada sejak dulu. Contohnya adalah
masyarakat adat badui yang tetap memegang teguh tradisi, sekarang rakyat
indonesia kebanyakan lebih ke budaya kebarat - baratan yang sebenarnya
tidak boleh. Sebagai rakyat indonesia harus bisa melestarikannya ke
negara manapun.
Soal PPKN
PEMERINTAH PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ( SMP ) NEGERI 189
Jl. H. Rausin Kelapa Dua Kebon JerukJakarta Barat
LATIHAN SOAL
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Mata Pelajaran :PPKn
Kelas :VII ( Tujuh )
Pilihlah jawaban yang paling tepat!
1 Jepang mulai menguasai Indonesia setelah Belanda menyerah di Kalijati, Subang yang terjadi pada tanggal ….
A. 6 Maret 1942
B. 7 Maret 1942
C. 8 Maret 1942
D. 9 Maret 1942
2. Perhatikan data berikut !
1) Jepang cahaya Asia
2) Jepang pemimpin Asia
3) Jepang pelindung Asia
4) Jepang penerang Asia
Semboyan Jepang untuk menarik simpati rakyat Indonesia ditunjukkan oleh nomor ….
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 1, 3, dan 4
D. 2, 3, dan 4
3. Dokuritsu Zunbi Cosakai (BPUPKI) dibentuk pada tanggal ….
A. 1 Maret 1945
B. 2 Maret 1945
C. 1 Mei 1945
D. 2 Mei 1945
4. Sidang resmi pertama BPUPKI dilaksanakan pada tanggal ….
A. 29 – 31 Mei 1945
B. 29 Mei – 1 Juni 1945
C. 31 Mei – 1 Juni 1945
D. 10 – 17 Juli 1945
5. BPUPKI semasa tugasnya mengadakan 2 kali sidang. Sidang pertama membahas tentang ….
A. dasar negara
B. wilayah negara
C. ekonomi negara
D. rancangan UUD 1945
6. Sidang kedua BPUPKI membahas tentang ….
A. dasar negara
B. wilayah negara
C. ekonomi negara
D. rancangan UUD 1945
7. Untuk soal no. 7 dan 8 perhatikan gambar tokoh berikut
Merupakan pendiri negara bernama ….
A. Ir. Soekarno
B. Drs. Moh. Hatta
C. R. Pandji Soeroso
D. Dr. KRT Radjiman Wedyodiningrat
8. Tokoh tersebut berperan sebagai ….
A. Pendiri PPKI
B. Ketua BPUPKI
C. Perwakilan Jepang
D. Perumus dasar negara
9. Gambar tokoh pendiri negara yang mengemukakan istilah Pancasila sebagai dasar negara adalah ….
10. Perhatikan data berikut !
1) Peri kebangsaan
2) Peri kemanusiaan
3) Peri ketuhanan
4) Peri kerakyatan
5) Kesejahteraan sosial
Usulan dasar negara tersebut dikemukakan oleh ….
A. Ir. Soekarno
B. Mr. Soepomo
C. Mr. Moh. Hatta
D. Mr. Moh. Yamin
11. Perhatikan data berikut !
1) Kebangsaan Indonesia
2) Internasionalisme atau peri kemanusiaan
3) Mufakat atau demokrasi
4) Kesejahteraan sosial
5) Ketuhanan yang berkebudayaan
Usulan dasar negara tersebut dikemukakan oleh ….
A. Ir. Soekarno
B. Mr. Soepomo
C. Mr. Moh. Hatta
D. Mr. Moh. Yamin
12. Ir. Soekarno berpidato tentang dasar negara Indonesia merdeka pada tanggal ….
A. 29 Mei 1945
B. 30 Mei 1945
C. 31 Mei 1945
D. 1 Juni 1945
13. Pada tanggal 22 Juni 1945 panitia Sembilan berhasil membuat rancangan Pembukaan UUD yang
oleh M Yamin diberi nama ….
A. Pancasila
B. Mukaddimah
C. Piagam Jakarta
D. Pembukaan UUD
14. BPUPKI dibubarkan pada tanggal ….
A. 5 Agustus 1945
B. 6 Agustus 1945
C. 7 Agustus 1945
D. 8 Agustus 1945
15. Perhatikan pernyataan berikut !
1) Menetapkan UUD NRI Tahun 1945
2) Memilih Presiden dan Wakil Presiden
3) Membentuk Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP)
4) Membubarkan BPUPKI
5) Mengangkat Soekarno sebagai Presiden seumur hidup
Hasil sidang PPKI ditunjukkan oleh nomor ….
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 3, dan 4
C. 2, 3, dan 4
D. 3, 4, dan 5
16. Semangat yang menganggap bahwa kesetiaan tertinggi atas setiap pribadi harus diserahkan
kepada negara kebangsaan atau nation statedisebut ….
A. patriotisme
B. nasionalisme
C. cinta tanah air
D. rela berkorban
17. Semangat yang harus dimiliki peserta didik sebagai generasi muda penerus bangsa adalah ….
A. semangat membela negara bila ada imbalan
B. semangat rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara
C. semangat ikut tawuran karena membela teman
D. semangat belajar kalau ada ualangan saja
18. Indonesia akan mampu menjadi negara yang maju dan sejajar dengan negara-negara di dunia bila
generasi muda penerus bangsa memiliki semangat dan jiwa patriotisme yaitu ….
A. semangat pantang mundur dan tak kenal lelah
B. semangat mendahulukan kepentingan pribadi daripada kepentingan negara
C. semangat mendahulukan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi
D. semangat cinta tanah air dan bersedia mengorbankan segala-galanya untuk mempertahankan bangsanya
19. Perhatikan pernyataan berikut !
1) Mendahulukan kepentingan kelompok
2) Jiwa ingin menang sendiri
3) Jiwa solidaritas dan kesetakawanan
4) Jiwa tanpa pamrih dan bertanggungjawab
5) Jiwa ksatria dan kebesaran jiwa
Jiwa dan semangat 45 ditunjukkan oleh nomor ….
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 3, dan 4
C. 2, 3, dan 4
D. 3,4,dan 5
20. Perhatikan 3pernyataan berikut !
1) Memiliki semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme
2) Semangat putus asa menghadapi perjuangan
3) Rasa memiliki terhadap bangsa Indonesia
4) Mementingkan perjuangan kedaerahan
5) Mengorbankan kepentingan pribadi untuk kepentingan negara
Komitmen para pendiri negara dalam perumusan Pancasila ditunjukkan oleh nomor ….
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 3, dan 5
C. 2, 3, dan 4
D. 3, 4, dan 5
21. Upaya generasi muda untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik dapat dilakukan dengan cara ….
A. bersahabat dengan alam lingkungan
B. ikut tawuran dengan teman karena rasa solidaritas
C. giat belajar dan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler
D. belajar kelompok dengan teman agar terbebas dari pekerjaan rumah
22. Pengertian konstitusi adalah ….
A. Undang-undang
B. Peraturan Pemerintah
C. peraturan perundang-undangan
D. hukum dasar yang digunakan dalam penyelenggaraan negara
23. Aturan-aturan dasar yang timbul dan terpelihara dalam praktik penyelenggaraan negara yang tidak tertulis adalah ….
a. Kebiasaan c. doktrin
b. Konvensi d. adat istiadat
24. Contoh hukum dasar tertulis adalah ….
a. UUD 1945
b. Konvensi
c. Norma kesopanan
d. Norma adat
25. Kedaulatan berada ditangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-Undang Dasar, merupakan isi pasal ….
A. 1 ayat (1)
B. 1 ayat (2)
C. 1 ayat (3)
D. 1 ayat (4)
26. Perhatikan pernyataan berikut !
1) Pemegang kedaulatan
2) Struktur negara
3) Bentuk negara
4) Tindak pidana korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN)
5) Pembatasan kekuasaan pejabat negara
Undang-Undang Dasar negara mengatur tentang ….
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 3, dan 4
C. 2, 3, dan 4
D. 3, 4, dan 5
27. Sidang kedua BPUPKI dilaksanakan pada tanggal ….
A. 29 – 31 Juni 1945
B. 29 – 31 Juli 1945
C. 10 – 17 Juni 1945
D. 3, 4, dan 5
E. 10 – 17 Juli 1945
28. Dalam sidang BPUPKI kedua terbentuk panitia kecil yang berhasil memutuskan ….
A. memutuskan Indonesia merdeka
B. memutuskan dasar Indonesia merdeka
C. memutuskan Soekarno menjadi Presiden
D. menyusun usul rencana pembukaan hukum dasar
29 Perbedaan Isi Piagam Jakarta dengan Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 terletak pada sila ke - ….
A. 1 C. 3
B. 2 D. 4
30 BPUPKI dibubarkan oleh Jepang, sebagai gantinya dibentuklah PPKI yang bertujuan untuk ….
A. mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
B. Mempersiapkan pemberontakan terhadap pemerintahan Indonesia
C. Menyerang pemerintahan Jepang yang sedang bercokol di Indonesia
D. Memperlihatkan kepada negara-negara tetangga tentang kehebatan Indonesia
31. PPKI diketuai oleh tokoh pendiri negara yaitu ….
A. Ir. Soekarno
B. Mr. M. Yamin
C. Drs. Moh. Hatta
D. K.R.T Radjiman Wedyodiningrat
32.. Perhatikan pernyataan berikut !
1) Pembukaan terdiri dari 4 alinea
2) Batang tubuh 16 bab, 37 pasal
3) Batang tubuh 21 bab, 73 pasal
4) Penjelasan umum dan pasal demi pasal
5) Penjelasan khusus dan pasal demi pasal
Sistematika UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebelum perubahan ditunjukkan oleh nomor ….
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 2, 3, dan 4
D. 3, 4, dan 5
33. Naskah aturan hukum yang tertinggi dalam kehidupan Negara Republik Indonesia adalah ….
A. TAP MPR
B. Undang-Undang
C. UUD NRI Tahun 1945
D. Peraturan Pemerintah
34. Tujuan dibuatnya aturan dalam kehidupan adalah untuk ….
A. kebersamaan
B. ketidakharmonisan
C. kesenjangan sosial
D. ketertiban dan keteraturan
35. Akibat bagi warga negara, bangsa dan negara apabila Indonesia tidak memiliki UUD adalah ….
A. hidup dalam keteraturan
B. masyarakat akan aman dan sejahtera
C. tercipta ketidaknyamanan dalam kehidupan
D. timbulnya kesenjangan social dalam masyarakat
36 Dalam melakukan sidang BPUPKI ada dua faham utama yang dimiliki para pendiri negara, yaitu ….
A. nasionalisme dan agama
B. cinta tanah air dan setia
C. mementingkan kepentingan diri sendiri
D. rela berkorban bila mendapat imbalan
37. Dalam berbagai perbedaan yang ada di antara anggota BPUPKI dapat diatasi dengan sikap dan perilaku ….
A. memaksakan kehendak
B. mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan
C. rela berkorban
D. mau menerima masukan orang lain
38. BPUPKI melaksanakan sidang dengan semangat ….
A. mementingkan kepentingan kelompok
B. rela berkorban agar mendapat imbalan
C. cepat putus asa karena belum menghasilkan kesepakatan
D. kebersamaan dan mengutamakan musyawarah mufakat
39. Sikap yang harus dimiliki peserta didik dalam mempertahankan kemerdekaan yang telah diraih oleh para pendiri negara adalah ….
A. cepat putus asa dalam menerima masalah
B. mengutamakan kepentingan pribadi daripada kepentingan bersama
C. semangat kebersamaan dan mengutamakan musyawarah mufakat
D. semangat rela berkorban bila diperlukan
40 UUD 1945 telah mengalami amandemen/perubahan sebanyak ….
A. satu kali C. tiga kali
B. dua kali D. empat kali
41. Nilai yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 bersifat ….
A. rigid dan kaku
B. utuh dan bulat
C. universal dan lestari
D. menyeluruh dan dapat dipercaya
42. Pembukaan UUD 1945 diterima oleh bangsa-bangsa beradab di dunia. Ini mengandung arti bahwa Pembukaan UUD 1945 bersifat ….
A. kaku
B. sebagian
C. universal
D. dapat mengikuti perkembangan jaman
43. Alinea pertama Pembukaan UUD 1945 mengandung nilai ….
A. religi C. persatuan
B. kemanusiaan D. budaya
44. Pembukaan UUD 1945 terdiri atas ….. alinea
A. dua C. empat
B. tiga D. lima
45 Pengukuhan dari proklamasi yang luhur merupakan makna dari Pembukaan UUD 1945 alinea ke - ….
A. satu C. tiga
B. dua D. empat
46. Bangsa
Indonesia ingin menghapuskan penjajahan dengan segala bentuknya karena
tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan. Merupakan makna
dari pembukaan UUD 1945 alinea ke …
A. satu C. tiga
B. dua D. empat
47. Tujuan
negara Indonesia yang tercantum dalam Pembukan UUD 1945 alinea ke empat
yang berhubungan dengan program gratis belajar 12 tahun dalam rangka
untuk ….
A. memberi kemakmuran
B. mensejahterakan rakyat
C. ikut melaksanakan ketertiban dunia
D. mencerdaskan kehidupan bangsa
48. Antara Proklamasi kemerdekaan dan Pembukaan UUD 1945 terdapat ….
A. kemiripan
B. kesamaan
C. kepentingan yang sama
D. hubungan yang sangat erat
49. Lembaga negara yang berhak untuk mengamandemen UUD 1945, adalah ….
A. MPR C. PPKI
B. DPR D. BPUPKI
50. Dalam amandemen UUD Negara Republik Indonesia ada kesepakatan dasar yang tidak boleh diubah, yaitu ….
A. penjelasan
B. pasal-pasal
C. pembukaan
D. batang tubuh